Rabu, 05 Januari 2011

Pengelolahandata SIG mnggunakan TIga DImensi (3D)

Definisi SIG tiga dimensi

Dari sudut pandang yang berbeda, SIG, ada tiga definisi:
① Berdasarkan definisi toolbox bahwa SIG adalah sebuah dunia nyata dari pengumpulan, penyimpanan, konversi, menampilkan kumpulan alat data spasial;
② definisi database, bahwa SIG adalah suatu sistem database Sebagian besar data dalam database dapat diindeks dan operasi, untuk menjawab berbagai isu; organisasi berbasis
③ definisi bahwa SIG adalah seperangkat fitur yang dapat menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan menampilkan data geografis, adalah set database, pakar dan lembaga untuk mendukung struktur ekonomi berkelanjutan kelompok dan organisasi untuk memberikan solusi untuk masalah-masalah lingkungan dukungan berbagai keputusan. Penekanan pada definisi toolbox pada data geografis berbagai operasi, definisi stres berdasarkan database yang digunakan untuk mengolah data spasial organisasi data yang berbeda, dan penekanan pada definisi lembaga-lembaga dan organisasi dalam berurusan dengan informasi spasial pada peran, daripada mereka diperlukan alat.

Turner bahwa "Sistem Informasi Geografis" ini terutama digunakan untuk membedakan SIG murni dua dimensi dan SIG 3D, seperti ditekankan dalam tugas tiga dimensi, seperti aplikasi geologi atau geomorfologi ekspansi, ia menciptakan istilah "Geoscientific Sistem Informasi" (GSI). Istilah ini kemudian direvisi menjadi suatu bentuk singkatan dari "Geo-Informasi System" (GIS) . Untuk membedakan GIS tiga dimensi dan dunia lebih dewasa sekarang populer GIS komersial dua dimensi, tampilan di sini cenderung BREUNIG, dengan menggunakan GIS untuk merujuk pada "Geo-Informasi Sistem", yang meliputi GIS tiga dimensi seluruh ruang tiga-dimensi SIG, dengan dua-dimensi tradisional GIS berbasis grafis atau 2,5 GIS dimensi jelas berbeda, terutama di lokasi spasial dan deskripsi hubungan topologi dan analisis spasial dari arah ekstensi.
GIS 3D berkaitan dengan dimensi waktu proses akan GIS empat-dimensi.

  1. Karakteristik GIS tiga dimensi

Dalam GIS tiga dimensi, objek spasial oleh X, Y, Z tiga sumbu untuk mendefinisikan, itu didefinisikan dengan tujuan GIS dua dimensi pada bidang dua dimensi memiliki sifat yang sama sekali berbeda. Dalam GIS dua dimensi saat ini dalam elemen-elemen yang ada ruang dimensi 0,1,2 harus ekspansi tiga-dimensi, mengatakan peningkatan informasi tiga dimensi geometris, sementara meningkatkan tubuh elemen tiga dimensi untuk mewakili target. Tujuan ditetapkan oleh koordinat tiga dimensi ruang begitu berbeda dari hubungan GIS spasial dua dimensi, tingkat kerumitan yang lebih tinggi. GIS Dua-dimensi untuk pesawat dengan ruang terbatas - saling eksklusif - klasifikasi lengkap didasarkan pada permukaan divisi, GIS tiga-dimensi untuk ruang tiga-dimensi terbatas - saling eksklusif - klasifikasi lengkap didasarkan pada tubuh divisi, yang, melalui analisis (tunggal) dibagi struktur tiga-dimensi dari vektor GIS hubungan topologi antara unsur-unsur geometris, Qing-Yuan disederhanakan yang diusulkan lima topologi . Kinerja 3D visualisasi GIS jauh lebih kompleks daripada GIS dua dimensi, sehingga ada visualisasi tiga-dimensi khusus dari teori, algoritma dan sistem.

Secara keseluruhan, dibandingkan dengan GIS dua-dimensi, 3D GIS terhadap ekspresi dunia objektif memberi orang merasa lebih realistis, untuk model tiga-dimensi teknologi geospasial untuk menunjukkan fenomena pengguna tidak hanya untuk mengekspresikan hubungan spasial antara objek dalam pesawat, dan dan ekspresi yang bisa menggambarkan hubungan vertikal antara mereka; benda tiga dimensi lain dalam ruang operasi juga merupakan analisis spasial tiga dimensi dan fungsi GIS khusus. Dengan CAD dan berbagai perangkat lunak visualisasi ilmiah, memiliki kemampuan yang unik untuk mengelola objek spasial yang kompleks dan kemampuan analisis spasial. database Tiga-dimensi adalah inti dari GIS tiga dimensi, analisis tiga dimensi adalah kemampuan yang unik. Dan perangkat tambahan yang sesuai adalah teori GIS tiga dimensi dan konstruksi sistem dan lebih kompleks daripada GIS dua dimensi.

  Fungsi GIS tiga dimensi

RHIND pengembangan SIG berbasis dua dimensi sepuluh diusulkan fitur dimensi GIS dapat meliputi: pengumpulan data dan efisiensi pengujian, data terstruktur dan ke dalam struktur baru (termasuk penciptaan hubungan topologi dan transformasi dari satu topologi yang lain jenis hubungan topologi); semua jenis perubahan (translasi, rotasi, skala, geser (geser)); pilihan; operasi Boolean (persimpangan, perbedaan, atau dan memotong bagian, terowongan terbuka (terowongan), konstruksi bangunan); dihitung (volume , luas permukaan, pusat, jarak, arah), analisis, visualisasi, manajemen sistem . KELK untuk pemodelan geologi tiga dimensi yang diusulkan 13 fungsional : 
1) dari sistem lain dalam pengenalan data dan beberapa fungsi analisis;
2) pelestarian dan operasi koordinat tiga dimensi data yang nyata;
3) Tidak ada koordinat asli hilangnya informasi dalam arah perubahan;
4) melestarikan dan menampilkan objek informasi geografis dalam komponen;
5) kemampuan untuk dengan mudah berinteraksi dengan perubahan pada objek geografis dan database-nya; 6) memungkinkan data model untuk memenuhi persyaratan model yang berbeda dari rekonstruksi;
7) akan menampilkan sebagai kasus mempertimbangkan kesalahan , yang memungkinkan mereka untuk mempengaruhi objek cara ilmu pengetahuan;
8) menangani perbedaan skala besar;
9) untuk menangani gerakan internal fluida dan waktu lain insiden;
10), dan formula kuantitatif lainnya interaktif;
11) untuk memungkinkan detail lokal dan pusat lunak yang lebih luas (soft- fokus) menunjukkan gambar;
12) visual terhadap kepuasan pengguna;
13) analisis kecenderungan berbagai model, pola dan hubungan dengan modul SIG lainnya; dalam model penyimpanan database utama dan laporan ekspor)

BREUNIG integrasi informasi spasial dari perspektif GIS tiga dimensi untuk pengembangan yang diusulkan tiga fungsi penting: 1) pengelolaan objek geologi yang kompleks dan pengolahan; 2) mampu ekspresi oleh berbagai ruang objek diwakili objek kompleks untuk belajar efektif ruang akses; 3) ke berbagai objek ruang operasi ruang efektif [28]. ALEXANDER dan Sigrid GIS tiga dimensi di desainer perkotaan tersebut, GIS perkotaan tiga-dimensi harus memiliki dua fungsi lain:
1) harus dapat manfaat dari kemajuan dalam metode modern data akuisisi;
2) GIS tiga dimensi perkotaan harus berorientasi teknologi masa depan
4). GIS 3D juga harus mengatasi beberapa masalah tradisional: ketidakpastian; lokasi kesalahan dan eliminasi; pengolahan data model tidak terus menerus; pengolahan data temporal; menangani berbagai struktur data dalam berbagai jenis dan skala data.
GIS tiga dimensi dengan fitur GIS tradisional dua dimensi, tetapi juga harus memiliki fitur unik berikut::

● inklusif obyek satu dimensi, dua dimensi

GIS tidak hanya untuk mengekspresikan benda tiga dimensi tiga-dimensi, dan mempelajari satu dimensi, obyek dua-dimensi dalam ekspresi tiga-dimensi. ruang tiga dimensi dalam ruang, objek satu-dimensi dua dimensi dengan dua dimensi GIS tradisional di objek, satu-dimensi dua-dimensi dalam ekspresi tidak sama. GIS dua dimensi tradisional akan menjadi salah satu-dimensi, obyek dua-dimensi yang diproyeksikan ke bidang vertikal dua dimensi, menyimpan hasil proyeksi geometri dan hubungan antara lokasi. GIS tiga dimensi akan menjadi salah satu-dimensi, obyek dua-dimensi ditempatkan dalam ruang tiga-dimensi, mempertimbangkan lokasi penyimpanan geometri nyata dan hubungan topologi, sehingga hasilnya dapat membedakan antara ekspresi dari satu dimensi, obyek dua-dimensi dalam arah vertikal berubah. Dua-dimensi informasi SIG juga melalui metode properti tambahan mencerminkan perubahan ini, namun penyimpanan, efisiensi manajemen menjadi rendah, output tidak intuitif.

● dimensi visualisasi, benda tiga dimensi

Fitur utama dari GIS tiga dimensi untuk bisa di 2.5-dimensi, benda tiga dimensi kinerja visual. GIS tiga dimensi dalam pembentukan dan pemeliharaan semua tahap, baik untuk input obyek tiga-dimensi itu, mengedit, menyimpan, mengelola, atau beroperasi pada analisis spasial mereka, atau output, asalkan benda tiga dimensi yang terlibat, terdapat visualisasi tiga-dimensi masalah. pemodelan geometris tiga dimensi dan visualisasi dari objek dinyatakan dalam pembangunan GIS tiga dimensi diperlukan selama proses berlangsung, yang merupakan fungsi dasar GIS tiga dimensi.

Tidak ada komentar: